Geveducation: Membuat Blog Baru di Blogger (Tutorial Lengkap dengan Gambar)

Selamat datang Sobat! Kali ini saya akan menyampaikan sedikit pembahasan tentang cara membuat blog baru di blogger yang dilengkapi dengan gambar, maksudnya supaya Sobat bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan blog dari awal sampai selesai, lewat teks (bacaan) maupun melalui gambar yang diterapkan di artikel ini.


Sebelum ke pembahasan utamanya, izinkan saya menceritakan terlebih dahulu, apa itu blog, untuk apa kita membuatnya (kegunaan), setelah itu baru kita bahas cara pembuatannya.

Pembahasan:

Apa itu Blog?

Sederhananya, blog bisa kita artikan sebagai media yang multi fungsi. Multifungsi maksudnya yaitu blog bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan, bisa untuk membagikan pengetahuan, gambar, suara, bahkan video bisa kita bagikan lewat blog. Pokoknya lengkap.

Kita bisa menulis pengetahuan yang kita miliki di blog untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Apa saja yang Sobat ketahui bisa ditulis di sana. Pokoknya kurang lebih kayak media berbagi informasi yang bermanfaat untuk orang lain.

Kegunaan Blog

Saya sudah menyebutkan beberapa kegunaan blog di atas, di antaranya:
  • Blog bisa digunakan sebagai media berbagi informasi
  • Blog bisa juga digunakan sebagai alat untuk menghasilkan sedikit uang.

Bagaimana Cara Membuat Blog

Sama kayak judul di atas, walaupun blog itu bisa dibuat di WordPress, Weebly, dan sebagainya, akan tetapi di artikel ini saya hanya akan mendemonstrasikan cara membuat blog di Blogger saja.

Baiklah.
Ini dia langkah-langkahnya.

Cara Membuat Blog Baru di Blogger:

Pertama, Masuk ke situs Blogger (https://www.blogger.com).

Kedua, Klik "Create your Blog".

 Kali ini saya akan menyampaikan sedikit pembahasan tentang cara membuat blog baru di blog Geveducation:  Membuat Blog Baru di Blogger (Tutorial Lengkap dengan Gambar)


Keempat, jika Sobat belum login ke akun Google, maka sistem akan meminta Sobat Log in menggunakan akun Google.

 Kali ini saya akan menyampaikan sedikit pembahasan tentang cara membuat blog baru di blog Geveducation:  Membuat Blog Baru di Blogger (Tutorial Lengkap dengan Gambar)


Kelima, setelah Log in nanti Sobat akan diarahkan untuk memilih profil yang akan digunakan di blog yang nantinya akan dibuat. Di sana Sobat bisa menggunakan profil blogger terbatas atau menggunakan profil Google plus Sobat. Sobat bebas untuk memilih salah satunya.

Keenam, Klik buat blog baru.

Ketujuh, isi Judul blog atau Title, Alamat atau Address (maksudnya URL atau Link blog Sobat), dan Pilih Theme atau Template yang Sobat suka.

 Kali ini saya akan menyampaikan sedikit pembahasan tentang cara membuat blog baru di blog Geveducation:  Membuat Blog Baru di Blogger (Tutorial Lengkap dengan Gambar)

Kedelapan, Tekan tombol Buat blog atau Create blog.

Nah, itu dia langkah-langkah yang bisa Sobat ikuti untuk membuat blog baru yang gratis di Blogger.
Aktivitas selanjutnya (setelah blog jadi) adalah menulis artikel atau memposting tulisan di blog.

Seri tutorial selanjutnya yang akan saya tulis di blog ini mungkin pembahasannya akan lebih dalam. Kalau Sobat merasa artikel ini bermanfaat, bantu teman-teman atau keluarga yang ingin tau cara membuat blog yang gratis, dengan membagikan artikel ini.

Sobat bisa subscribe kalau mau dapat artikel terbaru atau update dari saya.
Terima kasih sudah berkunjung...

Artikel Terkait